Rabu, 21 Oktober 2015

Belajar Pengantar Statistik

Belajar Pengantar Statistik - Selamat datang kembali di blog saya, mumpung ada kesempatan saya ingin berbagi dan sharing pengetahuan tentang Statistik. Anda sebagai siswa ataupun mahasiswa pasti nantinya akan menemui tentang yang namanya mata kuliah statistik, karena itu coba saya ingin berbagi mengenai hal tersebut. Mari kita bahas satu per satu secara umum.

Definisi dari statistik dalam arti sempit adalah suatu ringkasan data yang berbetuk angka (kuantitatif), sebagai contoh adalah statistik penduduk. Sedangkan dalam arti luas statistik adalah suatu ilmu yang mempelajari cara mengumpulkan, pengolahan/pengelompokan, penyajian, dan analisis data serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang tidak menyeluruh.


Lalu manfaat dari penggunaan Statistika itu apa ?, coba kita lihat dari beberapa bidang seperti :
Bidang Akuntansi (Accounting)
Dalam bidang akuntansi statistika biasanya banyak dipakai oleh akuntan publik guna pengambilan sampel (contoh) ketika melakukan audit terhadap kliennya.

Bidang Keuangan (Finance)
Dalam bidang ini statistika biasa dipakai oleh seorang penasehat keuangan untuk membantu dalam memberikan rekomendasi investasi, biasanya dengan mengggunakan berbagai jenis informasi statistik seperti price earning dan hasil deviden.

Bidang Pemasaran (Marketing)
Biasanya dipakai untuk pengambilan sampel masyarakat sebagai konsumen guna dimintai pendapat tentang produk yang akan diluncurkan oleh suatu perusahaan.

Bidang Ekonomi
Disini biasanya para ahli ekonomi menggunakan prosedur statistik untuk melakukan peramalan tentang kondisi perekonomian pada masa yang akan datang.

Berdasarkan fungsinya statistika ada 2 macam :
Statistik Deskriptif : Statistik yang berfungsi untuk memberikan gambaran dan analisis terhadap suatu kelompol data tanpa menarik suatu kesimpulan pada kelompok data yang lebih besar.
Statistik Inferensi : Statistik yang berfungsi untuk menaksir dan/atau menguji karakteristik dari populasi yang dihipotensikan berdasarkan data sampel.

Di dalam statistik kita akan mengenal juga istilah statistika parametik dan statistika non parametik.
Statistika Parametik
adalah statistik yang digunakan untuk data berskala interval atau rasio dan diasumsikan populasinya berdistribusi normal. Biasanya untuk memperoleh kesimpulan bagi populasinya digunakan karakteristik sampel seperti mean, deviasi standard dan variasi.
Statistika Non Parametik
adalah statistik yang dipergunakan untuk data berskala nominal atau ordinal dan populasi diasumsikan tidak berdistribusi normal. Biasanya untuk memperoleh kesimpula bagi populasinya digunakan karakteristik sampel seperti frekuensi dan rangking.

Istilah-istilah penting dalam Statistik :
  1. Data adalah sekumpulan datum yang berisi fakta-fakta dan gambaran dari suatu fenomena yang dikumpulkan, dirangkum, dianalisis dan kemudian di interprestasikan.
  2. Variabel adalah karakteristik data yang menjadi perhatian.
  3. Populasi adalah himpunan / kumpulan seluruh data yang dapat diperoleh dari hasil pengamatan dalam suatu penelitian.
  4. Sampel adalah sebagian dari data yang diambil dari populasi. Dan banyaknya anggota sampel disebut dengan ukuran sampel.
Bicara tentang statistik maka kita akan berbicara mengenai data-data, dan kaitannya dengan data kita harus paham tentang :
  1. Metode dan Alat Pengumpulan Data
  2. Data Berdasarkan Skala Pengukuran
    • Skala Nominal : contoh --> Jenis Kelamin, Jenis Pekerjaan
    • Skala Ordinal : Contoh --> Kepuasan Kerja , Motivasi
    • Skala Interval : Contoh --> Temperatur yang diukur berdasarkan celcius, sistem Kalender
    • Skala Rasio : Contoh --> Gaji, Jumlah Buku, Skor Ujian
  3. Klasifikasi Jenis Data Berdasarkan :
    • Sifat : Kualitatif, Kuantitatif
    • Sumber : Primer, Sekunder
    • Cara Perolehan : Sensus, Sampling
    • Waktu Pengumpulan : Cross Section, Time Series
Demikian ulasan singkat yang bisa saya bagikan mengenai pengantar statistik, semoga bisa menjadikan manfaat untuk semuanya yang sedang belajar tentang statistik dan membutuhkan referensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar