Rabu, 21 Oktober 2015

E-Commerce 1

E-COMMERCE


  • Pengertian dari E-Commerce …….

E-Commerce sering disebut dengan istilah “Perdagangan Elektronik”
E-Commerce adalah suatu sistem atau cara berdagang dengan menggunakan bantuan media elektronik. Berdagang disini bisa meliputi pembelian, penjualan ataupun pemasaran berupa barang ataupun jasa. Sedangakan media elektronik yang biasa digunakan adalah internet atau televisi. Dalam kata e-commerce, huruf “E” disini mewakili kata elektronik, sama seperti huruf “E” dalam pemakaian kata e-mail ataupun e-banking.

Sistem E-Commerce sering kali menggunakan media internet sebagai perantaranya, jadi dalam perdagangan penjual dan pembeli tidak bertatap muka langsung / bertemu langsung secara fisik. Melainkan penjual dan pembeli hanya bertemu atau terhubung melalui dunia maya. Sehingga dari sinilah semua semua perdagangan dilakukan secara elektronik, mulai dari pameran / promosi, tawar menawar sampai terjadinya transaksi. Jadi E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik (transfer antar bank), pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, jadi tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

  • Sejarah e-commerce …….

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website) dan internet sudah banyak dikenal di masyarakat luas. Namun e-commmerce baru secara luas dikenal dimasyarakat antara tahun 1998 dan 2000, dimana pada saat itu sudah mulai banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem perdagangan ini.

  • Manfaat e-commerce …….
Secara umum e-commerce bisa memberikan manfaat sbb :
  1. Bagi perusahaan penyedia barang dan jasa memiliki efektifitas dalam memasarkan produknya.
  2. Selain bisa memberikan efektifitas bagi perusahaan penyedia barang dan jasa, maka e-commerce juga bisa menekan biaya produksi yang harus di keluarkan perusahaan, seperti biaya promosi, biaya pencetakan atau pun biaya surat-menyurat dll.
  3. Bagi konsumen bisa lebih hemat waktu, tidak perlu berpergian jauh dalam membeli produk.
  4. Dan secara umum e-commerce bisa memberikan manfaat untuk menciptakan peluang usaha baru, murah dan mudah.

  • Dampak negatif e-commerce …….
Secara umum e-commerce bisa memberikan dampak negatif sbb :
  1. Menciptakan sifat tertutup dan kurang bersosialisasi terhadap seseorang. Karena segala proses transaksinya dilakukan di dalam dunia maya tanpa adanya kontak / pertemuan langsung secara fisik.
  2. Menciptakan kekecewaan terhadap pembeli, karena tidak jarang barang yang dibeli tidak sama dengan apa yang dilihat di dalam promosi di internet.
  3. Banyak menimbulkan penipuan via internet, dengan memanfaatkan sistem e-commerce tsb. Seperti pencurian identitas pelanggan dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar